Selasa, 09 April 2013

Berikut saya akan berbagi informasi mengenai RAM, yuk langsung di simak.....


1.       FPM (Fast Page Mode),  adalah model DRAM paling lama. Masalah yang sering muncul dari FPM DRAM  adalah kecepatan transfernya yang lambat yakni maksimum 50MHz.
2.       EDORAM (Extended Data Out RAM), adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM. Seperti FPM DRAM, EDO RAM memiliki kecepatan maksimal 50MHz EDO RAM uga harus membutuhkan L2 Cache untuk membuat semuanya berjalan dengan cepat, namun jika user tidak memilikinya, maka EDO RAM akan berjalan jauh lebih lambat.
3.       SDRAM (Synchronous Dynamics RAM), DRAM bukanlah sebuah ekstensi dari seri EDO RAM yang lama, namun merupakan tipe baru dari DRAM. SDRAM mulai berjalan dengan kecepatan transfer 66MHz, sementara mode halaman DRAM dan EDO yang lebih lama akan berjalan di maksimal 50MHz. SDRAM sekarang ini dapat berjalan dengan kecepatan 133MHz (PC133), dan bahkan hingga 180MHz atau lebih tinggi. Untuk mempercepat kinerja processor, maka RAM generasi baru seperti DDR dan RDRAM biasanya dapat mendukung performa yang lebih baik. 
4.       RDRAM (Rambus DRAM), adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. RAM jenis ini merupakan teknologi memory serial yang datang dengan tiga pilihan, yakni PC600, PC700, dan PC800. PC800 RDRAM didesain dengan double maximum kecepatan transfer daripada PC100 SDRAM. RDRAM memiliki multi channel, seperti pada motherboard Pentium 4, yang dapat menawarkan fungsi memori paling bagus, terutama ketika dipasangkan dengan memory PC1066 RDRAM.
5.       DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM), DDR pada dasarnya memiliki kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan beroperasi di 333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz * 2 ( PC333 / PC2700) atau 133MHz * 2 (PC266 / PC2100). DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM secara fisik, namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat implemnetasi lebih mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda. DDR RAM pun dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu : DDR RAM, DDR 2 RAM, dan DDR3 RAM, perbedaan ketiga jenis DDR RAM tersebut adalah dari segi kecepatan transfer datanya.
6.       DDR 2 (Double Data Rate), DDR2 merupakan generasi lanjutan dari DDR dengan perbaikan berbagai fitur, seperti penggunakan IC BGA (Ball Grid Array) yg tahan panas & memiliki densitas tinggi serta FSB yang lebih tinggi. Karakteristik teknis DDR2 adalah 240-pin, 1.8V & FSB 400/533/667/800 MHz. DDR2 memiliki kapasitas yang lebih besar dari DDR, dimana nantinya bisa mencapai 2GB / modul. Dan saat ini DDR2 akan menjadi standar untuk semua platform Intel 2006 dan seterusnya. Tipe-tipe DDR2 : DDR 256, 512, 1.024MB PC3200/4300/5300/6400.
7.       DDR3, Dalam komputasi, DDR3 SDRAM, singkatan untuk kecepatan data ganda tiga jenis random access memory dinamis sinkron, adalah semacam modern dynamic random access memory (DRAM) dengan antarmuka bandwidth tinggi, dan telah digunakan sejak tahun 2007. DDR3 SDRAM bukanlah maju atau mundur kompatibel dengan semua jenis sebelumnya random access memory (RAM) karena tegangan yang berbeda sinyal, timing, dan faktor lainnya.
8.       SO DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module), adalah sejenis ram yang digunakan pada laptop. SODIMM adalah bentuk kecil dari ram biasa, sehingga terdapat SODIMM DDR, SODIMM DDR2 dan DDR3. ukurannya hanya setengah dari ram biasa. versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. Di mana, SO-DIMM ini memiliki ukuran dengan 72 pin untuk interface 32 bit, dan 144 pin untuk interface 64 bit.
9.       ECC (Error Checking and Correction), adalah sebuah logic yang di desain untuk mendeteksi dan memperbaiki jika terjadi error pada memory.
10.    Transfer Rate, Transfer rate merupakan kapasitas data yang dapat dikirimkan sebuah RAM ke processor dalam satuan Megabytes/secon (MB/s).
11.    Dual Channel Memory, adalah fitur untuk memperlebar banwidth pada RAM dengan cara menggunakan dua buah keping RAM yang serupa, sejenis dengan kecepatan, daya ,dan waktu yang sama agar dapat melakukan proses kerja secara serentak dan bersama sama. Jadi intinya 2 RAM tersebut bekerja sama dalam menyalurkan data dari prosessor ke memory controler(chipset) kemudian ke RAM dan sebaliknya dalam waktu dan jalur yang sama.
Mohon maaf apabila penjelasannya kurang lengkap. hehehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar